Apa Sih Untungnya Berbuat Benar?

Setiap orang menyukai seorang pahlawan. Buku-buku ditulis mengenai mereka; Film-film dibuat mengenai mereka; dan Acara TV dokumentari menceritakan kisah mereka di ruang keluarga di seluruh dunia. Tetapi meskipun ada banyak pahlawan yang memperlihatkan keberanian di medan pertempuran, ada sedikit yang memiliki “Moral courage” di kehidupan mereka setiap hari.Apa yang saya maksudkan dengan “Moral courage”? Seseorang telah mendefinisikan “moral courage” sebagai kekuatan karakter untuk melakukan “hal yang benar tidak peduli apapun harganya.” Dan itu tidak memerlukan kecerdasan pikiran untuk menyadari bahwa budaya kita sedang mengalami kemunduran dalam hal “Moral courage” Kita dapat melihatnya dalam…

1. Pemimpin-pemimpin pemerintahan.
2. Pemimpin-pemimpin rohani
3. Bisnis-bisnis besar.
4. Mahasiswa di dalam ruang kelas – banyak yang bersikap biasa-biasa saja dengan hal menyontek.

Sementara jari telunjuk kita menunjuk orang lain, marilah kita menjadi jujur dan mengakui bahwa kita – saudara dan saya – adalah sering bersikap kurang baik dalam hal ini. Banyak dari kita, ketika di diperhadapkan dengan sebuah pilihan antara yang benar dan salah, gagal melakukan hal yang benar.

Mengapa? Karena waktu harus membuah pilihan diantara yang benar dan salah, saya percaya kita cenderung memilih yang salah karena satu dari empat alasan berikut:

1. Berbuat benar adalah bertentangan dengan sifat dasar kita yang berdosa. – Roma 7:18-20.

2. Berbuat yang benar biasanya tidak populer. – Setiap orang ingin disukai dan pikir baik oleh orang lain – oleh karena itu, banyak keputusan yang kita buat tidak didasarkan pada apa yang benar atau yang salah, namun didasarkan pada apa yang populer, apa yang disukai banyak orang.

3. Berbuat yang benar biasanya tidak mudah.

4. Berbuat yang benar biasanya tidak menghasilkan apa-apa yang nampaknya baik.

Banyak kali kita membuat pilihan didasarkan pada apa yang populer atau apa yang mudah. Dan itulah sebabnya mengapa kita gagal melakukan yang benar. Dan itulah sebabnya mengapa kita memerlukan “moral courage”.

Daripada mencari jalan yang mudah atau jalan yang populer, orang yang memiliki “Moral courage” melakukan apa yang benar karena…

1. Mereka melihat keuntungan dari berbuat yang benar. – Keuntungan dari berbuat yang benar adalah berkat-berkat Allah akan ada di dalam kehidupannya.

Mazmur 5:12 “Sebab Engkaulah yang memberkati orang benar, ya TUHAN; Engkau memagari dia dengan anugerah-Mu seperti perisai.

Mazmur 106:3 “Berbahagialah orang-orang yang berpegang pada hukum, yang melakukan keadilan di segala waktu!

Keuntungan itu mungkin tidak serta merta kelihatan – tetapi iman mereka bersandar pada janji-janji Allah. Dan bahkan jika kehidupan mereka dipenuhi dengan tragedy dan kesedihan, mereka masih dapat memegang janji akan berkat-berkat Allah karena…

Mazmur 140:13 “Sungguh, orang-orang benar akan memuji nama-Mu, orang-orang yang jujur akan diam di hadapan-Mu.”

2. Mereka tahu itu adalah benar.

Seseorang dengan “moral courage” adalah lebih tertarik pada kebenaran daripada mereka dengan kesenangan atau kenyamanan. Apakah mereka melihat ada keuntungannya atau tidak, mereka melakukan yang benar semata-mata karena mereka tahu itu benar adanya.

3. Mereka tahu bahwa Allah adalah kebenaran – Ini adalah kedewasaan rohani yang benar dalam tindakan.

Nah, yang mana yang sedang bekerja di dalam kehidupan Saudara? Mengapa Saudara membuat pilihan-pilihan yang Saudara buat di dalam kehidupan saudara? Jika Saudara terus menerus membuat keputusan yang salah, Saudara perlu mengubahnya.

Tautan Sumber

Leave a Reply

www.gbiishalomtiga.org
PHHT 2011
Gedung gereja GBII Sirapan 2010
No Preview
JADWAL IBADAH GEREJA
Kolom Wanita Pojok Pemuda Renungan Utama
Tahukah Anda Bahwa Allah Tidak Bermaksud Untuk Mengendalikan Setiap Gerakkan Kita?
Betapa Pentingnya Salib
Kasihilah Allahmu Dengan Segenap Pemikiranmu
www.gbiishalomtiga.org
PHHT 2011
No Preview
JADWAL IBADAH GEREJA
Mantan Dukun Yang Jadi Percaya