Betapa Pentingnya Salib

“Lihatlah Anak Domba Allah, yang menghapus dosa dunia”

Yohanes 1:29

 

HANYA DARAH YANG MEMBAWA PENGAMPUNAN

Di Perjanjian Lama, kita melihat bangsa Israel harus mempersembahkan korban binatang berulang-ulang disepanjang sejarah mereka, karena tidak ada satu korban pun yang cukup untuk membersikan mereka dengan sempurna. Ibrani menjelaskannya dengan jelas:

“Karena itu dengan korban yang sama, yang setiap tahun terus menerus dipersembahkan, hukum Taurat tidak mungkin menyempurnakan mereka yang datang mengambil bagian di dalamnya.  Sebab jika hal itu mungkin, pasti orang tidak mempersembahkan korban lagi, sebab mereka yang melakukan ibadah itu tidak sadar lagi akan dosa setelah disucikan sekali untuk selama-lamanya.—Ibrani 10:1-2.

Kita memiliki Domba yang sempurna dalam pribadi Yesus Kristus.  Pengorbanan-Nya membuat perayaan bait Allah menjadi tidak berlaku dan kadarluasa.  Tidak ada tujuan apa pun untuk tabernakel bait Allah, atau korban-korban setiap hari.

Hanya satu hal yang membawa pengampunan dosa, yaitu darah—tidak ada lagi:

Tanpa penumpahan darah tidak ada pengampunan” (Ibrani 9:22).

DARAH YESUS TIDAK AKAN PERNAH DITUMPAHKAN LAGI

Satu-satunya perbedaan antara dulu dan sekarang adalah pengorbanan PL masih berlanjut, sementara pengorbanan Yesus adalah sekali untuk selamanya. Dengan demikian tidak ada lagi korban darah yang dibuat untuk dosa-dosa kita baik sekarang maupun dalam kekekalan.

Anak Allah telah menyelesaikan pekerjaanNya.  Ia sudah bangkit dan sekarang duduk di surga.  Hanya ada satu respon yang benar.  Semua mata terarah pada Dia.

Ibrani 9:25-26

Ibrani 7:27

 

KARENA ITU ALLAH DIPUASKAN

Dalam Firman Tuhan perbuatan baik kita tidak akan memuaskan Allah.

Hanya Darah Yesus menghapuskan dosa-dosa kita.  Darah binatang tidak dapat mencapai ini.  Tidak pernah ada seekor korban binatang yang memenuhi syarat untuk melakukannya.  Ibrani membawa kebenaran ini kepada perhatian kita untuk menyoroti batepa pentingnya salib.

Meskipun korban-korban PL diperintah Allah untuk bangsa Israel, mereka tidak sebanding dengan pekerjaan Yesus di kayu salib.  Orang-orang percaya PL yang mempersembahkan korban-korban darah mendapati diri mereka merindukan Anak Domba itu untuk datang: “Tetapi justru oleh korban-korban itu setiap tahun orang diperingatkan akan adanya dosa. Sebab tidak mungkin darah lembu jantan atau darah jantan menghapuskan dosa” (Ibrani 10:3-4).

DAN SAYA MENIKMATI PENYUCIAN SEUMUR HIDUP DAN SELAMANYA.

Yesus Kristus sepenuhnya menghapuskan hukuman yang layak kita terima untuk dosa-dosa yang Allah tidak akan pernah rujuk sebagai dosa-dosa kita lagi.  Kalau demikian anggukan kepala saudara dan berkata AMIN.

Bagaimana kita bisa dihakimi untuk dosa-dosa kita jika Ia telah menghapuskannya?  Bagaimana kita bisa dihukum untuk dosa-dosa kita jika Ia tidak mengingatnya lagi?  Dan satu-satunya hukuman yang layak bagi dosa-dosa adalah kematian, dan kematianlah yang Yesus alami menggantikan kita.

Bacalah dengan seksama perkataan dari dua penulis Yahudi yang mengekspresikan kegembiraan tentang Anak Domba yang sempurna dan efek-efek dari pengorbanan-Nya.

Demikianlah pula Kristus hanya satu kali saja mengorbankan diri-Nya untuk menanggung dosa banyak orang.  Sesudah itu Ia akan menyatakan diri-Nya sekali lagi tanpa menanggung dosa untuk menganugerahkan keselamatan kepada mereka, yang menantikan Dia. (Ibrani 9:28)

Dan Ia, adalah pendamaian untuk segala dosa kita, dan bukan untuk dosa kita saja, tetapi juga untuk dosa seluruh dunia. (1 Yohanes 2:2).

Pengampunan yang sejati artinya masalah dosa sudah selesai.  Pengampunan yang sejati artinya tidak ada hukuman masa kini dan masa depan untuk dosa-dosa.  Kematian Yesus memuaskan Allah selama-lamanya.  Dan tidak ada apa pun tentang kita yang akan pernah membuat-Nya murka lagi: “Sesudah Yesus meminum anggur asam itu, berkatalah Ia: “sudah selesai”. Lalu Ia menundukkan kepala-Nya dan menyerahkan nyawa-Nya” (Yohanes 19:30).

Tautan Sumber

Leave a Reply

www.gbiishalomtiga.org
PHHT 2011
Gedung gereja GBII Sirapan 2010
No Preview
JADWAL IBADAH GEREJA
Kolom Wanita Pojok Pemuda Renungan Utama
Tahukah Anda Bahwa Allah Tidak Bermaksud Untuk Mengendalikan Setiap Gerakkan Kita?
Betapa Pentingnya Salib
Kasihilah Allahmu Dengan Segenap Pemikiranmu
www.gbiishalomtiga.org
PHHT 2011
No Preview
JADWAL IBADAH GEREJA
Mantan Dukun Yang Jadi Percaya