Tak Ada "BEKAS" bagi Allah

3 Steps to Become Usable Again

Dr. Mike Norris

Senior Pastor of Franklin Road Baptist Church

English version: http://ministry127.com/pastoral-leadership/no-leftovers-with-god

Seringkali dalam gereja kita, gembala diperhadapkan dengan orang yang bermasalah secara rohani. Mereka ini merasa seperti “bekas” atau “sisa” Terkadang orang mengacaukan hidup mereka hingga pada suatu titik mereka merasa tidak lagi berharga bagi Allah dan orang lain.
Banyak orang diselamatkan saat masih muda dan kemudian hidup jauh dari Allah serta mengacaukan hidup mereka dengan segala macam masalah. Akhirnya mereka mulai bangun dan mulai menjalani hidup rohani mereka dengan serius, tetapi mereka memiliki banyak luka dari dunia—narkoba, alkohol, kegagalan keuangan, penjara, perzinaan, kegagalan perkawinan, dan reputasi yang buruk.
Pertanyaan muncul, “Apakah yang bisa aku lakukan sekarang?” “Apakah Allah masih bisa memakaiku?” Jawabannya ya! Tak ada bekas/sisa bagi Allah. Adam menjatuhkan umat manusia dalam dosa. Musa adalah seorang pembunuh. Yakub adalah seorang pendusta. Simson adalah orang yang bernafsu pada perempuan kafir. Rahab adalah seorang pelacur. Petrus pernah menyangkal Juru Selamat. Allah memakai mereka semua.

Sadari bahwa Anda Dimeteraikan Roh Kudus

Menurut Efesus 1:13, saat Anda diselamatkan, Roh Kudus masuk ke dalam hidup Anda dan memeteraikannya hingga hari penebusan, “Di dalam Dia kamu juga — karena kamu telah mendengar firman kebenaran, yaitu Injil keselamatanmu — di dalam Dia kamu juga, ketika kamu percaya, dimeteraikan dengan Roh Kudus, yang dijanjikan-Nya itu.”
Karena telah diselamatkan, Anda memiliki Pembala—Yesus Kristus! Dia adalah Pengacara Anda. Anda bisa mendapatkan pertolongan-Nya jika Anda mau.

Ingatlah untuk Tetap Tenang

Itu bukanlah akhir dari segalanya. Bertobatlah dan perbaiki hubungan dengan Allah. Anda harus melupakan dosa-dosa Anda dan menantikan Dia. Ini menghentikan penyebaran dosa itu dalam hidup Anda.
Dengarlah, TUHAN, seruan yang kusampaikan, kasihanilah aku dan jawablah aku! Hatiku mengikuti firman-Mu: “Carilah wajah-Ku”; maka wajah-Mu kucari, ya TUHAN. Janganlah menyembunyikan wajah-Mu kepadaku, janganlah menolak hamba-Mu ini dengan murka; Engkaulah pertolonganku, janganlah membuang aku dan janganlah meninggalkan aku, ya Allah penyelamatku! Sekalipun ayahku dan ibuku meninggalkan aku, namun TUHAN menyambut aku.. Mazmur 27:7–10

Ciptakan Ide Baru untuk Melayani Allah

Kita harus menyadari bahwa meskipun Allah mengampuni, dosa tertentu membatasi pelayanan yang bisa dilakukan seseorang. Orang yang pernah bermasalah mengendara dalam pengaruh obat atau alcohol tidak bisa lagi mengendarai mobol. Beberapa orang tidak boleh lagi melayani anak-anak. Batasan ini tidak member hak bagi seseorang untuk berhenti dan tidak melakukan apa pun bagi Allah. Kita harus mencari cara baru untuk melayani. Ada ratusan cara untuk melayani Allah!
Pada saat awal melayani, isteri dan aku sedang berbelanja dan berjumpa dengan seorang pria yang pernah setia dan mengambil peran vital dalam jemaat yang saya layani. Dia pernah menjadi diakon dan membantu pembangunan jemaat. Dia dan istrinya punya masalah keluarga dan akhirnya keluar dari jemaat. Dia telah menikah kembali dengan perempuan yang belum percaya dan lari dari Allah.
Saat itu, dia memintaku untuk berkunjung ke rumahnya. Saat di hendak berlalu, dia berbisik padaku bahwa istrinya belum selamat dan dia piker bahwa hidupnya bisa kembali ke jalur yang benar jika istrinya diselamatkan. Aku mengunjunginya beberapa hari kemudian, dan istrinya benar-benar diselamatkan. Dia begitu antusias menjadi orang yang baru Kristen dan bahkan mengajak suaminya dan semuanya untuk ke gereja.
Pria itu bahagia sekarang. Dia bukanlah seorang diakon. Dia tidak lagi bisa memimpin. Dia masih memiliki bekas luka karena dosa, tetapi dia adalah pemenang jiwa. Dia memiliki senyum yang indah. Dia bisa memuliakan Tuhan. Dia membantu dengan cara yang bisa dilakukannya untuk jemaat.
Marilah kita tidak pernah mencoret seorang anggota jemaat karena memiliki banyak masalah yang membebani. Allah siap menolong mereka yang ad adi dalam jemaat kita. Sebagai gembala, marilah kita membiarkan Allah memakai mereka untuk melayaniNya dengan cara yang Tuhan telah sediakan.

Jangan pernah lepaskan satu domba pun, karena seekor domba pun ditebus darah Kristus yang sangat mahal.

–allofgrace–

Tautan Sumber

Leave a Reply

www.gbiishalomtiga.org
PHHT 2011
Gedung gereja GBII Sirapan 2010
No Preview
JADWAL IBADAH GEREJA
Kolom Wanita Pojok Pemuda Renungan Utama
Tahukah Anda Bahwa Allah Tidak Bermaksud Untuk Mengendalikan Setiap Gerakkan Kita?
Betapa Pentingnya Salib
Kasihilah Allahmu Dengan Segenap Pemikiranmu
www.gbiishalomtiga.org
PHHT 2011
No Preview
JADWAL IBADAH GEREJA
Mantan Dukun Yang Jadi Percaya